Kamis, 06 Maret 2014

FIQIH "JAM"


FIQIH  "JAM"



Bagi sebagian orang mungkin jam adalah barang biasa yang sudah terbiasa baik di kalangan orang yang luar biasa maupun orang yang biasa-biasa saja. Tapi jam menjadi “luar biasa” penting dalam hal-hal yang di luar ke-biasa-an.
Ungkapan di atas dapat kita rasakan betul ketika kita mulai memasuki bulan suci Ramadhan (Bulan Puasa). Betapa tidak, ketika kita melihat jam dinding kita; sesuai dengan jadwal imsakiyah, ternyata mestinya sudah masuk waktu maghrib. Tapi anehnya, jam tangan kita belum menunjukkan waktu masuk adzan maghrib; lebih aneh lagi jam yang ada di handphone kita waktu magrib sudah berlalu beberapa menit kemudian.
Perbedaan jam ini tentu saja sangat membingungkan. Apalagi jika di sebuah masjid terdapat banyak tertempel jam dinding yang ternyata semuanya berbeda. Sang Muadzin ketika mau menyuarakan suara merdunya harus berpedoman yang mana?
Itulah pertanyaan yang muncul ketika terjadi terjadi perbedaan jam atau waktu –ternyata bukan hanya masalah fiqhiyah saja yang menjadi Ikhtilaf. Masalah jam ‘pun ternyata terdapat ikhtilaf.
Padahal peranan jam sangat signifikan jika dihubungkan dengan ilmu hisab rukyat atau falak. Signifikansi peranan jam antara lain:
  1. Waktu Shalat / Imsakiyah
  2.  Waktu mulai dan berakhirnya gerhana matahari/bulan
  3.  Kalibrasi/Tashih/Terra Ulang Kiblat ketika terjadi Istiwa’ Adhom (Matahari melintasi lintang ka’bah:
  4. Ketika melaksanakan Rukyatul Hilal
Bagaimana cara untuk mengetahui tingkat akurasi jam kita? Bagaimana caranya agar jam kita bisa akurat? Inilah kiat-kiatnya:
GPS
GPS (Global Positioning System). Bila Anda punya alat ini maka dijamin jam anda akurat. Sebab alat ini selain dapat djadikan untuk sistem navigasi, dapat juga dijadikan tempat rujukan jam/waktu yang akurat. Alat ini tersambung secara langsung dengan satelit.
TV
Cocokkan jam Anda dengan televisi. Biasanya Anda bisa melihatnya jamnya ditayang dipojok kanan/kiri/bawah atas.
Radio
Radio. Dengarkan radio RRI ketika mengudara hampir jam 07.00 WIB atau jam 19.00 WIB
Telepon
Telephone atau Handphone. Jika Anda mempunyai jaringan telpon kabel (telpon rumah) cukup tekan angka 103. Dan jika Anda mempunyai handphone dengan simcard Telkomsel (Simpati, As,Hallo) cukup tekan 301. Anda akan dijawab oleh mesin penjawab keadan waktu / jam saaat ini.
GMT
Situs / Website GMT. Bila Anda mempunyai jaringan internet maka browsing (bukalah) website GMT (Greenwich Mean Time). Website ini menayangkan waktu di seluruh belahan dunia secara Real Time. Alamat websitenya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar